Resep Agar-Agar Santan Gula Merah Yang Enak Dan Mudah Dibuat

Resep Agar2 santan gula merah oleh Vina Kitchen Cookpad
Resep Agar2 santan gula merah oleh Vina Kitchen Cookpad from cookpad.com

Agar-agar adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari campuran tepung agar-agar, gula, dan santan. Agar-agar biasanya dibuat untuk dessert seperti es krim, jelli, dan agar-agar. Makanan ini juga bisa dikombinasikan dengan berbagai jenis topping seperti buah-buahan, coklat, kacang, dan sebagainya. Agar-agar Santan Gula Merah adalah salah satu jenis agar-agar yang terkenal di Indonesia. Resep ini sangat mudah dibuat dan enak. Berikut ini adalah cara membuat Agar-Agar Santan Gula Merah.

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat Agar-Agar Santan Gula Merah, Anda memerlukan bahan-bahan berikut:

  • Tepung agar-agar: 1 bungkus (100 gram)
  • Gula merah: 1 cangkir (200 gram)
  • Santan: 2 cangkir (400 ml)
  • Air: 1 cangkir (200 ml)
  • Es batu: secukupnya
  • Vanili: 1 sendok teh

Cara Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah

Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Agar-Agar Santan Gula Merah. Setelah itu, panaskan air dan gula merah dalam sebuah panci hingga gula merah larut dan air mendidih. Kemudian, masukkan tepung agar-agar dan aduk hingga tercampur rata. Biarkan selama 5 menit hingga agar-agar larut dan berbuih. Setelah itu, masukkan santan dan aduk hingga rata. Kemudian, masukkan vanili dan biarkan hingga mendidih. Masukkan es batu dan aduk hingga rata. Setelah itu, angkat panci dari api dan tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi minyak. Biarkan selama 1 jam hingga adonan mengeras. Setelah itu, potong-potong agar-agar dan sajikan.

Tips Membuat Agar-Agar Santan Gula Merah

Untuk membuat agar-agar yang lebih enak dan lebih lembut, Anda bisa menambahkan sedikit minyak ke dalam adonan. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan segar seperti strawberry atau blueberry untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan segar. Jika Anda ingin membuat agar-agar yang lebih manis, Anda bisa menambahkan sedikit gula pasir ke dalam adonan. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan topping lain seperti kismis, coklat, atau kacang-kacangan ke dalam adonan agar-agar.

Kesimpulan

Agar-Agar Santan Gula Merah adalah salah satu jenis agar-agar yang enak dan mudah dibuat. Resep ini sangat mudah untuk diikuti dan bisa menjadi dessert yang enak untuk disajikan kepada keluarga atau teman-teman. Dengan mengikuti tips dan trik yang telah disebutkan di atas, Anda dapat membuat agar-agar yang lebih lembut dan enak. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Should Unfinished Basement Be Heated In Winter?

197+ How To Make Hummingbird Nectar

A Step-By-Step Guide To Calculating The Volume Of A Cube In A Block